Thursday, January 8, 2015

Tips Cara Membuat Bootable Windows 7 pada flasdisk

Ketika kita ingin menginstal windows 7 tetapi kita memiliki disk DVD instaler tetapi sering kita jumpai bahwa disk tersebut selalu rusak termakan usia. mungkin kita sempat berfikir untuk membuat instaler pada flasdisk agar file kita aman dan tidak selalu rusak seperti yang ada pada disk DVD. Kita bisa membuatnya dengan beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar kita bisa membuat bootable windows 7 pada flasdisk.

Peralatan yang dibutuhkan :
1. PC yang terinstall Windows Vista / 7.
2. USB flash disk 4 GB.
3. CD instalasi Windows Vista / 7.
Langkah Pembuatan:
Pada Windows Vista / Windows 7, masuk ke mode Command Prompt yang ada di windows lalu ketikan
urutan perintah berikut ini.
1. Ketikkan diskpart
2. lalu ketikkan DISKPART> list disk 
3. DISKPART> select disk 1
4. DISKPART> clean
5. DISKPART> create partition primary
6. DISKPART> select partition 1
7. DISKPART> active
8. DISKPART> format fs=ntfs quick
9. DISKPART> assign
10. DISKPART> exit
Hati-hati saat menggunakan perintah Select Disk, pastikan bahwa Disk yang terpilih adalah Flashdisk yang akan digunakan. Sampai tahap ini Flashdisk telah memiliki file system NTFS dan sudah berada dalam kondisi bootable.
Nah sekarang kita tinggal memasukan file insatalasi ke Flashdisk Cara yang paling cepat dan aman adalah lewat Command Prompt. Masukkan CD Istallasi Windows Vista / 7, Kemudian Masuk ke Command Prompt Ketik :
xcopy F:\*.* /s/e/f H:\
Dimana ” F ” adalah letak file yang akan kita copy yaitu CD Istallasi Windows Vista / 7, Dan ” H ” adalah tempat hasil Copyan CD Istallasi Windows Vista / 7 yaitu Flashdisk, ” F ” Bisa berbeda – beda antara kompi yag satu dengan yang lain. Bisa di E/F/G/H dll, tergantung di mana letak “CD Drive” anda. Termasuk letak Flashdisk.
Tunggu hingga prosess pengcopyan selesai. Sampai disini anda telah berhasil membuat install windows Vista atau 7 dengan flashdisk, tetapi belum melakukan pembuatan supaya bisa booting dari Flashdisk. Untuk peritah pembuatan booting dengan Flashdisk ketikkan perintah berikut :
Masuk ke Command Prompt.
Ketikkan :
f:
cd boot
bootsect /nt60 f:
Ket : ” f ” adalah letak drive Flashdisk.

Tunggu proses hingga selesai.

0 comments:

 
Copyright © . Tips Cara Membuat Bisa - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger